Dampak Dan Cara Mengatasi Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit | Pengobatan Herbal Indonesia

Dampak Dan Cara Mengatasi Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit

Selamat Datang di JamuGodog.org solusi Pengobatan Herbal keluarga Indonesia.

Dampak Dan Cara Mengatasi Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit, Cairan ketuban di katakan kurang bila volumennya lebih sedikit dari 500 cc. hal ini di ketahui dari hasil pemeriksaan USG. Istilah medisnya ologohidramnion. Ibu harus curiga jika ada cairan yang keluar secara berlebih atau sedikit tetapi terus menerus melalui vagina. Biasanya berbau agar anyir, warnanya jernih. dan tidak kental. Sangat mungkin itu adalah cairan yang keluar / merembes karena ketuban mengalami perobekan. Tanda lainnya adalah gerakan janin menyebabkan perut ibu terasa nyeri.

Dampak Air Ketuban Kurang

Kurangnya cairan ketuban tentu saja akan mengganggu kehidupan janin, bahkan dapat mengakibatkan kondisi gawat janin. Seolah – olah janin tumbuh dalam ‘kamar sempit’ yang membuatnya tidak bisa bergerak bebas. Malah pada kasus ekstrem di mana sudah terbentuk amniotic band ( benang / serat amnion ) bukan tidak mustahil terjadi kecacatan karena anggota tubuh janin ‘terjepit’ atau ‘terpotong’ oleh amniotic band tersebut. Efek lainnya, janin berkemungkinan memiliki cacat bawaan pada saluran kemih, pertumbuhannya terhambat, bahkan meninggal sebelum di lahirkan. Sesaat setelah di lahirkan pun, sangat mungkin bayi berisiko tak segera bernapas secara spontan dan teratur.

Bahaya lainnya akan terjadi bila ketuban lalu robek dan airnya merembes sebelum tiba waktu bersalin. Kondisi ini amat berisiko menyebabkan terjadinya infeksi oleh kuman yang berasal dari bawah. Pada kehamilan lewat bulan, kekurangan air ketuban juga sering terjadi karena ukuran tubuh janin semakin besar.

Mengatasi Air Ketuban Yang Kurang

Sebenarnya air ketuban tidak akan habis selama kehamilan masih normal dan janin masih hidup. Bahkan air ketuban akan tetap di produksi, meskipun sudah pecah berhari – hari. Walau sebagian berasal dari kencing janin, air ketuban berbeda dari air seni biasa, baunya sangat khas. ini yang menjadi petunjuk bagi wanita hamil untuk membedakan apakah yang keluar itu air ketuban atau air seni.

Supaya volume cairan ketuban kembali normal, dokter umumnya menganjurkan ibu hamil untuk menjalani pola hidup sehat, terutama makan dengn asupan gizi berimbang. Pendapat bahwa satu – satunya cara untuk memperbanyak cairan ketuban adalah dengan memperbanyak porsi dan frekuensi minum adalah ‘salah kaprah’

Kemungkinan Persalinan Ketuban Kurang !

Tidak benar bahwa kurangnya air ketuban membuat janin tidak bisa lahir normal sehingga mesti di operasi sesar. Bagaimanapun, melahirkan dengan cara operasi sesar merupakan pilihan terakhir pada kasus kekurangan air ketuban. Meskipun ketuban pecah sebelum waktunya, tetap harus di usahakan persalinan per vaginam dengan cara induksi yang baik dan benar.

Demikian mengenai artikel berjudul Dampak Dan Cara Mengatasi Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit ini, semoga bermanfaat



Dampak Dan Cara Mengatasi Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit
Dampak Dan Cara Mengatasi Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit
Artikel "Dampak Dan Cara Mengatasi Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit" ditulis oleh beritakita update terakhir pada 17th August 2013 Categories Aneka Manfaat Kesehatan permalinks http://www.jamugodog.org/2013/08/dampak-dan-cara-mengatasi-air-ketuban-ibu-hamil-sedikit.html di Pengobatan Herbal Indonesia

Baca Juga:

 

No Comment to “Dampak Dan Cara Mengatasi Air Ketuban Ibu Hamil Sedikit”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Categories