Membedakan Golongan Obat | Pengobatan Herbal Indonesia

Membedakan Golongan Obat

Selamat Datang di JamuGodog.org solusi Pengobatan Herbal keluarga Indonesia.

Adagolongan obat bebas, bebas terbatas, keras atau harus menggunakan resep dokter, dan psikotropika ( narkotika ). Sebagai pengguna kita wajib memahami hal ini.

Untuk mengenali golongan ini bisa di lihat kemasannya. Berikut ini lambang – lambang atau logo resep dokter dalam kemasan obat yang menunjukkan golongan obat :

Beberapa Macam Golongan Obat

Lingkaran hitam dengan latas berwarna hijau.

Obat – obatan yang berlogo ini termasuk obat bebas terbatas. Artinya, obat ini bisa di peroleh tanpa resep dokter dan bisa di beli di toko obat, pedagang eceran, maupun apotek.

Lingkaran hitam dengan latar berwarna biru.

Obat – obatan yang berlogo ini termasuk obat bebas terbatas. Artinya, obat ini bisa di peroleh tanpa resep dokter dan dapat di beli di warung, toko, atau apotek, tetapi harus memperhatikan aturan tertentu. Biasanya obat yang masuk dalam golongan ini di sertai dengan peringatan yang di beri latar belakang warna hitam dengan tulisan :

P.No.1 Awas ! Obat Keras, Bacalah Aturan Pakainya ! artinya peringatan nomor 1 : Awas obat keras, bacalah aturan pakai.

P.No. 2 Awas ! Obat Keras. Hanya untuk di kumur, jangan di telan

P.No.3 Awas ! Obat Keras. Hanya untuk bagian luar dari badan

P.No.4 Awas ! Obat Keras. Hanya untuk di bakar

P.No.5 Awas ! Obat Keras. Tidak boleh di telan

P.No.6 Awas ! Obat Keras. Obat wasir, jangan di telan.

Lingkaran hitam dengan latar berwarna merah dan huruf K berwarna hitam.

Obat – obatan yang berlogo ini termasuk obat keras ( obat daftar G ). Obat – obatan ini tidak di jual bebas, memperolehnya harus dengan resep dokter dan memperhatikan aturan tertentu. Biasanya di sertai dengan tulisan besar yang berbunyi : HArus dengan resep dokter.

Lingkaran merah dengan latar putih dan tengahnya bergambar palang berwarna merah.

Obat – obatan dengan logo ini termasuk jenis psikotropika ( narkotika ). Memperolehnya harus dengan resep dokter, termasuk jenis obat keras, dan tidak di jual bebas. Pihak apotik yang di beri hal menjual pun wajib untuk melaporkan jumlah dan macamnya.

Lingkaran hitam bertuliskan jamu.

Obat – obatan berlogo ini termasuk golongan jamu. Bisa di peroleh di tokoobat, warung dan apotek.

Garis-garis horisontal membentuk lingkaran. logo ini di gunakan untuk menandai bahwa obat ini jenis generik. Hampir 90% obat yang di gunakan untuk berbagai keperluan, sudah ada generiknya saat ini.



Membedakan Golongan Obat
Membedakan Golongan Obat
Artikel "Membedakan Golongan Obat" ditulis oleh admin update terakhir pada 23rd February 2013 Categories Aneka Manfaat Kesehatan permalinks http://www.jamugodog.org/2013/02/membedakan-golongan-obat.html di Pengobatan Herbal Indonesia

Baca Juga:

 

No Comment to “Membedakan Golongan Obat”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here:

Categories