Imunisasi Pengertian Manfaat Dan Jenis Imunisasi Dasar | Pengobatan Herbal Indonesia

Imunisasi Pengertian Manfaat Dan Jenis Imunisasi Dasar

Selamat Datang di JamuGodog.org solusi Pengobatan Herbal keluarga Indonesia.

Pengertian Imunisasi

Imunisasi Pengertian Manfaat Dan Jenis Imunisasi Dasar – Imunisasi adalah cara untuk meningkatkan atau menimbulkan kekebalan tubuh seseorang terhadap suatu penyakit tertentu dengan jalan memasukkan vaksin ke dalam tubuh. Jadi bila suatu saat orang tersebut terkena jenis penyakit tertentu akan kebal atau sakit tetapi tidak berat. Kegiatan imunisasi di Indonesia sudah dimulai sejak tahun 1956, dan pertama kali waktu itu adalah imunisasi cacar.

Manfaat Imunisasi

Manfaat imunisasi adalah untuk memberikan kekebalan terhadap suatu jenis penyakit tertentu. Pada anak yang sudah diimunisasi akan terhindar dari serangan penyakit sesuai dengan vaksin yang diberikan. Dengan imunisasi maka akan menurunkan angka kematian dan kesakitan secara luas. Kekebalan yang diperoleh seorang anak dari imunisasi bisa memutus mata rantai penularan penyakit, baik kepada anak lain atau kepada orang dewasa yang hidup sehari-hari bersama.

Jenis-jenis Imunisasi Dasar

Berikut ini 5 macam jenis imunisasi dasar yang wajib diberikan kepada anak:

Imunisasi BCG

Vaksin pada imunisasi BCG akan memberikan daya tahan terhadap serangan penyakit Tuberkulosis (TBC). Vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin) adalah jenis basil yang tidak berbahaya bagi tubuh dan bermanfaat sebagai kekebalan aktif terhadap Tuberkulosis (TBC).

Imunisasi Campak

Walaupun Penyakit Campak hanya akan menulari seseorang satu kali seumur hidup, tapi jenis penyakit ini sangat berbahaya bila terjadi komplikasi misanya terjadi radang pada paru-paru dan radang otak, karena bisa berujung pada meninggalnya penderita campak. Dan pemberian imunisasi campak adalah mencegah paling efektif terhadap serangan campak, terutama pada anak-anak.

Imunisasi Hepatitis B

Imunisasi Hepatitis B pada anak akan diberikan sebanyak tiga kali. Sejak masih berusia 12 jam setelah kelahirannya, bayi harus sudah diberikan jenis imunisasi campak. Kemudian akan dilanjutkan berikutnya setelah berumur 1 bulan, dan yang terakhir pada saat bayi berumur 3 sampai 6 bulan setetlah kelahirannya.

Imunisasi Polio

Polio merupakan penyakit yang juga banyak menimbulkan korban, dan merupakan salah satu target pemerintah untuk mencegah keberadaanya saat ini. Imunisasi Polio akan diberikan pertama saat kunjungan pertama ke posyandu atau lembaga terkait lainnya. Kemudian berturut-turut akan diberikan ketika bayi berusia 2, 4 dan 6 bulan dan diulang kembali setelah berumur 18 bulan dan ketika anak berusia 5 tahun.

 Imunisasi DTP

Imunisasi DPT ini sekaligus akan mencegah timbulnya tiga macam penyakit yaitu Difteri, Tetanus, dan Pertusis. Imunisasi DPT akan diberikan pertama setelah bayi berumur lebih dari 6 minggu, kemudian secara berturut-turut akan diberikan ketika anak berusia 4 bulan, 6 bulan, 18 bulan, 5 tahun dan terakhir ketika berusia 12 tahun, atau ketika usia SD kelas enam.



Imunisasi Pengertian Manfaat Dan Jenis Imunisasi Dasar
Imunisasi Pengertian Manfaat Dan Jenis Imunisasi Dasar
Artikel "Imunisasi Pengertian Manfaat Dan Jenis Imunisasi Dasar" ditulis oleh admin update terakhir pada 2nd August 2012 Categories Uncategorized permalinks http://www.jamugodog.org/2012/08/imunisasi-pengertian-manfaat-dan-jenis-imunisasi-dasar.html di Pengobatan Herbal Indonesia

Baca Juga:

 

No Comment to “Imunisasi Pengertian Manfaat Dan Jenis Imunisasi Dasar”

  1. No Comment yet. Be the first to comment...

Leave your comment here: