Obat Hepatitis Alami

Apa Itu Hepatitis?

Obat Hepatitis Alami – Penyakit hepatitis adalah peradangan yang terjadi pada organ hati karena adanya toxin, misalnya seperti bahan kimia, obat atau lainnya penyebab infeksi. Hepatitis bisa berlangsung dalam waktu yang relatif singkat, di bawah 6 bulan atau disebut dengan hepatitis akut. Dan bisa juga berlangsung lebih dari 6 bulan disebut dengan hepatitis kronis.

Penyebab Hepatitis

Penyebab Hepatitis adalah karena infeksi virus, virus hepatitis ini adalah jenis A, B, C, D dan E dan yang terbaru adalah virus hepatitis G. Jenis virus lain penyebab hepatitis adalah Virus Mumps, Rubella, Cytomegalovirus, Epstein-Barr dan Herpes. Selain karena virus, penyebab hepatitis juga bisa karena obat-obatan tertentu dan alkohol.

Beberapa penyebab hepatitis akibat infeksi oleh virus:
Virus hepatitis A
Jenis ini menyebar melalui vecal oral dan akibat buruknya tingkat kebersihan, pada negara berkembang biasanya penyebaranya terjadi lewat makanan dan air.
Virus hepatitis B
Penularan viru tipe B ini tidak semudah pada tipe A. Virus hepatitis B menular melalui darah. Bisa dengan jalan pemakai obat dengan jarum suntik yang dipakai bersama-sama, dan melalui hubungan seksual. Pada seorang ibu hamil bisa menularkan jenis virus hepatitis B kepada anak yang dilahirkan sewaktu proses melahirkan.
Virus hepatitis C
Jenis ini sangat mirip dengan tipe B, bisa menular melalui transfusi darah dan penggunaan jarum suntik bersama-sama dengan penderita, tetapi sangat jarang ditularkan melalui hubungan seksual.
Virus hepatitis D
Risiko pada tipe ini adalah para pecandu obat. Dan tipe virus hepatitis D ini sebagai rekan infeksi terhadap virus hepatitis B. Virus tipe D ini akan menyebabkan infeksi karena virus hepatitis B menjadi lebih parah.
Virus hepatitis E
Pada tipe E, mirip seperti virus hepatitis A, bisa menjadi wabah dan biasanya terjadi di negara yang berkembang yang kurang memperhatikan masalah kebersihan.
Virus hepatitis G
Jenis virus hepatitis G adalah temuan terbaru pada saat ini, tetapi belum diketahui selebihnya.

Gejala Hepatitis

Beberapa gejala hepatitis menurut jenis virus yang menginfeksi adalah:
Gejala Hepatitis A: demam terus menerus, keletihan, kuning, selera makan hilang, muntah, pusing, dan air kencing menjadi hitam pekat.
Gejala Hepatitis B: terjadi demam, sakit perut dan warna kuning terutama pada putih mata.
Gejala Hepatitis C: kelelahan, nafsu makan menurun, sakit perut, air kencing berubah warna menjadi gelap, mata dan kulit menjadi kekuningan. Tetapi seringkali pada tipe hepatitis C ini tidak menunjukkan gejala, meskipun infeksi sudah terjadi selama bertahun-tahun.

Makanan Pantangan Hepatitis

Beberapa jenis makanan pantangan hepatitis yang sebaiknya dihindari adalah:
* Makanan yang mengandung banyak lemak: daging kambing dan babi, jerohan, otak, es krim, susu full cream, keju, mentega/ margarine, minyak serta makanan bersantan seperti gulai, kare, atau gudeg, termasuk cemilan yang mengandung lemak.
* Makanan yang mengandung bumbu yang merangsang, misalnya jahe, cuka, bawang, merica, cabai.
* Makanan yang diawetkan termasuk makanan kalengan.
* Jenis minuman bersoda dan beralkohol.
* Makanan yang bisa menimbulkan gas di dalam tubuh, misalnya: ubi, kacang merah, kool, sawi, lobak, mentimun, durian, nangka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *